MENELUSURI SIKAP MAHASISWA EFL INDONESIA TERHADAP MEMBACA MELALUI SISTEM ONLINE

Henda Yani Kesuma

Abstract


Sikap yang baik penting untuk membaca bahasa Inggris karena memengaruhi bagaimana siswa bereaksi terhadap pembelajaran dan sikap di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa bahasa Inggris terhadap membaca melalui sistem daring. Penelitian ini melakukan penelitian kuantitatif. Peneliti mengumpulkan informasi melalui kuesioner. Peneliti menganalisis data menggunakan persentase kuesioner dan SPSS. Penelitian ini menggunakan data primer dari 24 mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa 18 siswa (75%) memiliki sikap paling positif, sedangkan 6 siswa (25%) memiliki sikap positif. Tidak ada siswa yang terhubung dengan negatif. Menurut jurnal yang saya baca, sebagian besar siswa menganggap pembelajaran daring tidak efektif dan membosankan. Siswa telah menyatakan kekhawatiran mengenai dampak lingkungan dan koneksi internet yang tidak memadai pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas media pembelajaran di Indonesia.


Keywords


Sikap Siswa, Membaca, Pembelajaran Daring, EFL, WhatsApp..

Full Text:

PDF

References


Arrosagaray, M. (2019). Students’ attitudes toward reading and online learning. Journal of

Educational Technology, 7(1), 58–65.

Anshori, M. (2022). Dampak pembelajaran daring terhadap psikologis siswa selama

pandemi COVID-19 di Sumatera Utara. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(2), 112–120.

Bastug, M. (2014). Development of reading attitude scale: Validity and reliability study.

Journal of Education and Practice, 5(26), 27–35.

Buckingham, D. (2003). Media Education: Literacy, Learning and Contemporary Culture.

Polity Press.

Candlin, C. N., & Mercer, N. (2001). English Language Teaching in its Social Context: A

Reader. Routledge.

Clarkson, A. (2004). Reading attitudes in education: Motivations and implications.

Educational Psychology Review, 16(3), 239–261.

Flogie, A. (2018). Technology integration in 21st-century education. International Journal of

Educational Technology, 4(1), 1–8.

Guthrie, J. T. (2000). Engagement and motivation in reading. Handbook of Reading

Research, 3, 403–422.

Hermawan, D. (2018). Pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(2), 131–140.

Khusuma, I. F. (2020). Teachers' readiness in online learning during COVID-19 pandemic in

West Java. Jurnal Iqra' Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58–70.

Kubiatko, M. (2010). ICT usage and student attitudes: A cross-national study. Journal of

Baltics Science Education, 9(2), 119–139.

Marpaung, M. B. (2020). The Attitude Towards Reading of English Department Students in

Darma Agung University: A Survey Based on Different Personal Attributes and Environmental Factors. Jurnal Littera: Fakultas Sastra Darma Agung, 1(1), 46–58.

Norlinana Siti, R. S. (2009). ESL Students' Attitude towards Texts and Teaching Methods

Used in Literature Classes. Canadian Center of Science and Education (CCSE) Journal, 2(4), 50–56.

Pulo, M. M. (2018). Visualization Profile of Junior High School Students in Solving

Geometry Problems Viewed from Gender Differences. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 012134.

Sihombing, M. B. (2020). Students’ reading attitude and behavior toward online learning

systems. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 8(1), 55–63.

Wijaya, T. T. (2020). Peran guru dalam pembelajaran daring pada era digital. Jurnal

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 45–53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Ameera: Jurnal Pendidikan, Sains dan Matematika

PT. Ibnu Baharuddin Manurung
Sekretariat:
Jalan Gambir Perumahan Grand Algeria Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang
Sumatera Utara-20237
E-mail: ameerajournal@gmail.com